OASEkplorai 2017 JURNAL HARI SENIN

OASEkplorai 2017

JURNAL
HARI SENIN
(30/10)

JAM 2:58. Aku bangun, diluar masih gelap, lampu belum dinyalakan, udara masih dingin, aku kira aku bangunnya tengah malam, aku mentutup mataku, siap-siap tidur, tapi, tiba-tiba, ada suara alaram yang berasal dari handphone ibuku, suaranya membikin aku lansung dukuk dari tiduran, aku ambil hp-nya yang titaroh diatas kasur sembarangan, aku nyalahin hp-nya dan melihat jam, "2:58", ini membikin aku berfikir; "Oh."
JAM 3:03 Aku siap-siap mandi, ambil handuk, siapin baju, terus saya masuk kedalam kamar mandi, copot baju dan celana, terus guyur, airnya dingin dan basah, membikin saya benar-benar bangun.
JAM 4:00 Setelah aku melalukan cek-cek terahir dan dapat advice dari mama dan ayah aku akhirnya jalan menuju rumah Aza, jalan menuju rumah Aza jalanan nya gelap, hanya ada cahaya dari rumah/toko, motor dan lampu jalanan, yang tadinya aku jalan dikelilingi suara pengajian masjid sekarang terlalu jauh dari masjid-masjid, hanya ada suara mesin motor bekerja dan suara angin di kelilingku, jalanan kosong, membikin aku merasa saya dan ayahku adalah manusia terahkir di bumi, ini membikin saya berfikir; "aku sebenarnya siap untuk explorasi nggak?" aku menjawab pertanyaan sendiri dengan cepat, "Aku pasti siap untuk explorasi!", tapi berfikir tentang OASEkplorasi dan membikin aku takut sampai mengigil, aku nggak tau kalau aku mengigil karena dingin, atau karena takut, tapi, meskipun aku takut, aku merasa tidak sabaran untuk ke pulau.
JAM 4:05 Aku telah sampai di rumah Aza terus sholat di masjid.
JAM 4:10 Kita berangkat dari rumahnya aza, ke pulabuhan sunda kelapa. Di dalam mobil Aza, kita merasa semangat mau ke pulau, setelah sebrapa menit, aku tidur.
JAM 4:25 Aku bangun, kita sudah di jakarta kota, sedang cari pintu masuh pulabuhan sunda kelapa, aku lihat kiri-kanan di luar jendela, di luar sudah cerah. Kita ketemu pintu masuk pulabuhan sunda kelapa JAM 4:30, kita masuk pulabuhan, aku lihat kiri-kanan, ada banyak kapal cargo, kapal mancing, derek dan kotak-kotak cargo, Aku buka jendela mobil Aza, dan keluarkan kepalaku, ada banyak angin adem, baunya nggak kaya yang aku kira, aku kirain baunya bakal kaya ikan, tapi tidak bau sama sekali, aku lihat jalanannya agak rusak dan basah, setelah keliling pulabuhan untuk 10 menit, kita ketemu husayn, ceca, naufal dan 2 orang lain yang aku lupa. JAM 5:06, hampir semua anak oase sudah datang dan masuk kapal, kapalnya enak, dalamnya dingin, luas dan tempat duduknya empuk, di lantai bawahnya ada tempat kasur, kita pada ngobrolnya di situ. JAM 8:09, Kapal sabuk nusantara berangkat, setelah 3 jam ngetem, setelah 40 menit di dalam kapal, aku ke deck kapal, aku merasa angin yang kenceng, matahari yang panas dan melihat air yang hijau. JAM 10:11, aku keluar lagi, terus aku lihat kalau air yang tadinya hijau, sekarang biru, kata naufal "We've crossed the border!" JAM 11:59, kapalnya stop di pulau pramuka untuk menurunkan penumpang. JAM 12:08, kapalnya jalan lagi. JAM 13:00, Kita sampai di pulau kelapa! Setelah cek barang dan orang, kita keluar dari kapal, terus berjalan lewat jembatan ke pulau harapan, sambil jalan aku lihat kanan-kiri, aku bisa lihat ada banyak bulu babi di dekat pulabuhan pulau dan suasananya sangat panas. JAM 13:43, Kita sampai kantor konservasi pulau harapan, setelah makan siang, kita upacara, breifing dan ketempu keluarga inang, bapak inang aku, husayn dan dhifie adalah Pak Saud. upacara selesai JAM 15:43, kita istirahat, sholat dan mandi (ishoma). JAM 16:00, kita keluar rumah, mau jalan-jalan dan cari narasumber, suasana adem karena ada banyak tempat teduh dan angin yang kencang, lebih panas di jakarta daripada disini. JAM 16:15, kita ke dermaga, aku beli gorengan stik, dhifie mau beli gorengan stik juga, tapi duitnya hilang! Jadinya dia balik kerumah, cari duit yang hilang, JAM 17:45 aku dan husayn balik kerumah, cari dhifie, di jalan kita ketemu dhifie, aku tanya, "Ketemu nggak dhif?" "Ketemu, ternyata ada di kasur" jawab dhifie.

Habis itu kita jalan-jalan,
photo-photo, sholat terus
Tidur JAM 23:16

DAY ONE: END

















































































































































































































































































































































































































































OOOOOooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooOOOO

Comments

Popular Posts